Persiapan Awal Membuat Blog Lumbung Uang

Senang rasanya mendapatkan sebuah buku yang mengulas secara lengkap bagaimana membuat blog dari awal, pertengahan, hingga bisa menghasilkan uang (hehe...harapan kita sama, ya?!). Sobat tentu mau tahu, kan judul bukunya. Sabar,ya...?

Begini kisahnya. Saat saya
mengunjungi sebuah toko buku di kota, sempat terpikir oleh saya, "buku apa, ya, yang paling bermanfaat untuk saya, tapi harganya terjangkau?" begitu kira-kira, bisikan hati ini berkata. Pilihan pun jatuh pada sebuah buku karangan Mas Imam Suryono yang berjudul "7 Jam Mahir Ngeblog". Pikir saya, jangan-jangan judulnya aja yang heboh...(maklum banyak judul buku yang 'wah!', tapi isinya weleh! alias tidak tuntas). Yang ini memang beda, Bro. Kamu perlu beli buku ini.

Intuisi bertindak. Tanpa pikir panjang (setelah baca resume-nya sejenak), saya bawa aja bukunya ke kasir. Ternyata, yang ini memang beda. Saya banyak terbantu dalam mencoba membuat blog tanpa pake trial and error lagi. Baiklah, saya akan mencoba bagikan tips singkat membuat blog seperti dalam buku yang menjadi guru saya selama ini.

To the point aja, ya...

Ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan.

Pertama
Buatlah akun pendukung, seperti e-mail, photobucket, facebook, twitter, histats, alexa.

Kita mulai dengan membuat akun e-mail
Untuk pendaftaran e-mail, kamu bisa gunakan gmail.com. Saya pikir, ini cukup. E-mail ini nantinya berguna untuk menerima kiriman konfirmasi pada saat mendaftar pada situs yang lainnya. Sudah tahukan bagaimana cara membuat akun e-mail?

photobucket:
Setelah kamu berhasil membuat akun email, kini saatnya membuat akun di photobucket (PB). Apa sich photobucket itu? Dari namanya, tentu kita akan tahu, bahwa itu adalah media untuk menyimpan foto-foto keren kita secara online. Dengan akun ini, kamu dapat membuat album foto secara gratis, lho. asyik, bukan?
Bukan hanya itu, media ini juga sangat berguna bagi blog kamu nantinya. Karena PB juga menyediakan link gambar. Ok, kita mulai daftar aja ya...
Caranya:

  • Silakan buka situs http://beta.photobucket.com/
  • Klik Sign Up For Free
  • Setelah itu, isikan kolom-kolom seperti berikut: >User Name; Gunakan nama yang mudah diingat (minimal 3 huruf) >Password; Isilah password sesuai selera (sebaiknya, password sama dengan password yang digunakan untuk akun Gmail kamu) >Re-Type Password; Ulangi mengetik password >E-mail; masukkan alamat e-mail yang sudah dibuat >Centang Gender kamu; Male, untuk laki-laki dan Female, untuk perempuan. >Isikan bulan, tanggal, dan tahun lahir kamu. >Isikan Zip Code; Kode Pos tempat tinggalmu. Geser tombol biru hingga berubah menjadi hijau. Gunanya untuk memastikan bahwa kamu bukan robot. >Proses akhir pendaftaran adalah tekan tombol Sign Up. Jadi, deh, akun Photobucket kamu. 
Membuat akun sosial media
Untuk membuat akun Facebook, saya pikir tidak masalah, karena sudah sangat familiar. Tapi untuk Akun Twitter, saya akan coba bagikan caranya sekarang juga. Tancap gas, bro!
Langkah-langkahnya:
  • Buka situs https://twitter.com/
  • Isi data seperti Username, Email, dan Password. Terus, Sign Up For Twitter. Tidak cuma sampai di situ, bro. Lanjutkan dengan..
  • Klik Create My Account;
  • Klik Next, lalu follow 5 artis yang kamu sukai, cari minimal 5 orang teman yang kamu kenal, kemudian klik Next;
  • Upload Image sebagai Photo Profile, kemudian klik Done;
  • Setelah Klik Done, kamu perlu melakukan konfirmasi aktivasi. Caranya dengan memeriksa inbox di akun email kamu.
Histats
Akun ini sangat diperlukan untuk mengetahui trafik dalam blog kita nantinya, yang meliputi jumlah pembaca/pengunjung dan keyword harian. Ikuti tahapan-tahapan berikut:
  • Klik http://histats.com/ 
  • Klik Register
  • Isikan data seperti email (untuk konfirmasi akun), password, name, username, daerah waktu tempat tinggal kamu, centang I have read and agree publisher agreement term > Isikan kode Captcha >Klik Register.
  • Buka akun Gmail untuk aktivasi akun Histats.
Alexa
Kamu tentu senang kalau blog yang kamu buat ternyata menduduki peringkat teratas dari blog-blog yang lain, bukan? Kalau Ya, Alexa adalah situs yang sesuai untuk blog kamu. Kita mulai aja cara daftarnya, ya?
  • Klik ada copas link ini: http://www.alexa.com/ 
  • Tekan Create an account pada pojok kanan atas layar komputer kamu
  • Isi kolom yang tersedia, seperti e-mail, nickname, lalu klik Register. Dapat juga daftar via akun facebook
  • Selanjutnya, seperti biasa, cek email untuk aktivasi akun alexa.
Akun-akun pendukung sudah dibuat. Sekarang kita lanjutkan ke tahapan berikutnya. Agar jari-jari dan badan tidak pegal, silakan minum dulu dan lakukan sedikit peregangan. Hehe...

Kedua
Pada tahap ini, kamu perlu berpikir sejenak tentang judul dan tema blog yang akan kamu pakai nantinya. Ibarat orang yang akan bertempur. Jika ragu-ragu, lebih baik kembali! Tujuannya agar blog yang sudah kita buat tidak menjadi sia-sia. Kalau niat sudah bulat, tak ada aral yang tak dapat diterjang. Mulailah dengan membuka http://blogger.com/. Setelah kamu sudah tahu bagaimana tampilannya, jangan buru-buru melakukan pendaftaran (sign up). Cobalah kunjungi situs-situs berikut untuk mencari kata kunci (keyword) yang paling populer/dicari oleh para tamu dunia maya (dumay), seperti


Nah... selanjutnya, setelah mendapatkan kata-kata yang cocok untuk nama blog kamu, silakan melakukan sign up pada blogger.com. Ada (setidaknya) 4 hal yang harus diperhatikan dalam membuat blog, yaitu Nama blog, Tema, Tujuan, Bahasa yg Digunakan.

Tanpa harus berlama-lama, mari kita mulai membuat blog kebanggaan. Caranya:

  • Klik atau copas link http://blogger.com/
  • Kamu dapat Sign in menggunakan akun Gmail yang sudah dibuat sebelumnya. 
  • Pilih bahasa
  • Klik Lanjutkan ke Blogger
  • Klik Blog Baru untuk membuat blog
  • Muncul Pop Up. Silakan isikan judul blog, alamat blog (URL), dan template yang akan digunakan, klik Buat Blog. Maka akan muncul tampilan nama blog dengan URL-nya, dan template yang baru saja dipilih.
  • Untuk keluar dari blog, silakan klik di pojok kanan atas layar monitor kamu, lalu klik Sign out
Selanjutnya, kamu akan melihat tampilan Dashboard atau lebih dikenal dengan istilah Home, yaitu halam untuk mengelola website atau blog. Ada 2 dashboard. Pertama, dashboard yang memperlihatkan semua blog yang kita punya, seperti Blog Baru, Link masuk, dashboard blog (Dashboard Berita Jitu/nama kamu), buat entry baru, buka daftar entry, opsi lainnya, dan Lihat blog.

Sampai di sini, proses persiapan awal membuat blog lumbung uang sudah berhasil. Untuk selanjutnya, kamu dapat mengelola blog kebanggaanmu dengan berbagai tulisan yang menarik dan unik, dengan cara klik Design pada pojok kanan atas layar.

Sebenarnya, masih banyak tahapan yang perlu dilalui agar blog kita benar-benar menjadi seperti sebuah blog profesional dan komersil. Di lain kesempatan akan saya bagikan dalam blog ini. Tapi, kalau kamu udah ndak sabar untuk ketahapan selanjutnya, silakan kunjungi beberapa link di bawah ini sebagai bahan referensi.

Dari buku yang pernah saya baca, sedikitnya ada 9 hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola blog secara profesional.
  1. Rencanakan kegiatan utak-atik blog (Tentukan judul blog, isi blog, tujuan kamu nge-blog);
  2. Buatlah postingan yang original dan unik;
  3. Agendakan secara rutin dalam membuat artikel;
  4. Promosikan blog kamu untuk meningkatkan jumlah pengunjung;
  5. Poles blog kamu semenarik dan seinteraktif mungkin;
  6. Usahakan agar blog kamu tidak terlalu berat;
  7. Usahakan agar jangan sampai ada link-link yang rusak dalam blog kamu; dan
  8. Jangan pelit dengan ilmu yang kamu dapat; serta
  9. Jadilah inspirasi bagi orang lain.*



Comments

Popular posts from this blog

Benteng Tua yang Tiba-Tiba Berubah Bentuk dan Fungsi

Tips Hemat Ibu Rumah Tangga